Laporan Tugas Komunikasi Konseling
A. Setting Lab
(Verbatim)
No.
|
Ungkapan
Verbal
|
Ungkapan
Nonverbal
|
Teknik
|
Ket.
|
1
|
Ki : Assalamu’alaikum...
|
Muka kecut, menunduk, wajah seperti penuh masalah
dan dilanda kebingungan
|
Tahap Awal
|
|
2
|
Ko : Waalaikumussalam warahmatullahi
wabarakatuh. Silahkan masuk. Senang bertemu dengan Mbak. Mari silahkan duduk.
|
Ramah, santai, senyum, menghampiri, cerah, menjawab
salam/ menyapa dengan senang dan mempersilahkan duduk.
|
Attending, dan empati,
|
|
3
|
Ki : Oh iya Mbak...
|
Menunduk, dan senyum palsu yang berbeda antar wajah
dan perasaan.
|
||
4
|
Ko : Oh iya Mbak, bagaimana kabarnya
hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya Mbak.
|
Ramah, santai, senyum, dan cerah.
|
Bertanya terbuka
|
|
5
|
Ki : Baik.
|
Senyum dan kembali menunduk.
|
||
6
|
Ko : Bagaimana perjalanan menuju
lembaga konseling ini? Apakah menyulitkan Mbak menemukan tempat ini?
|
Attending, menatap konseli, senyum, dan santai.
|
Empati, dan bertanya terbuka.
|
|
7
|
Ki : Iya Mbak. Nggak sulit kok, lagian ada GPS.
|
Senyum dan kembali menunduk
|
||
8
|
Ki : Oh iya Mbak, kita kan belum kenal
satu sama lain, lebih baik kita perkenalan terlebih dahulu. Perkenalkan Mbak,
saya Rahma, saya berasal dari Riau, sekarang meneap di Yogyakarta, dan saya
bekerja di lembaga ini kurang lebih dua tahun. Sekarang giliran Mbak yang
memperkenalkan diri. Silahkan Mbak...
|
Attending, senyum, cerah, santai, dan ramah.
|
Bertanya terbuka, dan attending
|
|
9
|
Ki : Kenalin, nama saya Ami, saya asli Makassar,
sekarang saya kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak tahun 2015. Saya
tinggal sendiri di Yogyakarta.
|
Menatap konselor dengan muka bingung
|
||
10
|
Ko : Oh iya Mbak Ami. Sebelum kita lebih jauh lagi,
sesuai dengan prosedur yang ada, kita akan membuat kontrak waktu dan beberapa
peraturan yang harus dipatuhi. Setuju Mbak?
|
Senyum, ramah, dan menatap serius
|
Bertanya terbuka
|
|
11
|
Ki : Gimana enaknya aja Mbak.
|
Senyum dan menunduk lagi.
|
||
12
|
Ko : Baiklah Mbak, proses konseling ini akan
berlangsung selama 1 jam 30 menit, apabila masih ada kekurangan kita akan
lanjutkan pada pertemuan selanjutnya, dan sebelum proses konseling ini
dilakukan, saya memohon izin untuk merekam dan mencatat hal-hal yang dianggap
penting selama proses konseling, agar menjadi bukti otentik bagi saya dan tim
untuk mempelajari lebih lanjut lagi. Bagaimana Mbak setuju?
|
Ramah, senyum, dan menatap konseli.
|
Memberikan informasi, dan bertanya terbuka
|
|
13
|
Ki : Itu terjamin nggak kerahasiaannya?
|
Wajah murung, dan bingung.
|
||
14
|
Ko : Iya Mbak, sesuai dengan Kode Etik yang berlaku,
asas kerahasiaan sangat kami jaga, jadi Mbak tenang saja, rekaman dan kasus
Mbak, tidak akan kami publikasikan. Apakah Mbak setuju?
|
Menatap konseli dengan serius, ramah, dan senyum.
|
Bertanya terbuka, dam empati
|
|
15
|
Ki :Kalau begitu, saya setuju Mbak.
|
Menatap konselor, kemudian menunduk lagi.
|
||
16
|
Ko : Sejauh ini, saya memperhatikan raut wajah Mbak,
kelihatannya Mbak sedang mengalami masalah yang sangat berat. Benar begitu
Mbak?
|
Menatap konseli dengan serius dan tenang
|
Bertanya terbuka
|
Tahap Pertengahan
|
17
|
Ki : Iya Mbak, saya bingung dengan apa yang terjadi
sekarang?
|
Memandang konselor sesaat, muka murung, dan cemas
|
||
18
|
Ko : Hal apa yang membuat Mbak bingung?
|
Senyum, ramah, dan menatap konseli dengan serius.
|
Accent
|
|
19
|
Ki : Saya mempunyai sahabat laki-laki dan saya merasa
nyaman.
|
Menatap konselor sesaat kemudian menunduk lagi.
|
||
20
|
Ko : Lalu apa yang membuat Mbak bingung?
|
Ramah, tenang, dan senyum.
|
Bertanya Terbuka
|
|
21
|
Ki : Jadi gini Mbak, kan kita itu sahabatan tapi saya
ngerasa dia itu bukan hanya sekedar sahabat buat saya, dia selalu ada ketika
saya berada di titik jenuh, dia selalu menghibur saya, tetapi ternyata dia
udah punya pacar.
|
Wajah murung, tangan diremas-remas, melihat konselor sementara waktu
dan menunduk lagi.
|
||
22
|
Ko : Jika saya di posisi Mbak, saya juga akan merasa bingung.
|
Penuh perhatian, tenang, menatap wajah klien, dan ramah.
|
Empati
|
|
23
|
Ki : Pokoknya saya itu bingung banget sama situasi
seperti ini.
|
Menunduk, dan masih cemas.
|
||
24
|
Ko : Saya memahami perasaan Mbak, tetapi alangkah
baiknya jika Mbak mengemukakan permasalahan Mbak dengan lebih rinci lagi.
|
Tenang, perhatian, dan ramah.
|
Eksplorasi
|
|
25
|
Ki : Sebenarnya sih, saya nggak suka sama sahabat saya
itu Mbak, tetapi bingung sama kondisi yang saya alami saat ini.
|
Mulai tenang dan menatap serius
|
||
26
|
Ko : Baiklah kalau seperti itu, tapi saya melihat
adanya perbedaan antara perasaan yang Mbak kemukakan di awal dengan yang Mbak
kemukakan sekarang.
|
Ramah, menatap serius konseli, dan tenang serta senyum.
|
Konfrontasi
|
|
27
|
Ki : Iya sih Mbak lebih dari sahabat, tapi kan nggak
mungkin kalau cewek yang bilang suka duluan, gengsi banget Mbak. Harga diri
saya mau dikemakan Mbak.
|
Wajah mulai tenang, menatap konselor, dan masih ada kecemasan
sedikit.
|
||
28
|
Ko : Oh, jadi sebenarnya Mbak suka sama sahabat Mbak
itu.
|
Senyum, ramah, menatap konseli, dan serius.
|
Merangkum
|
|
29
|
Ki : Iya Mbak. Jadi sekarang itu saya merasa ada yang
beda, entah itu karena saya yang baper atau memang dia yang menjauh gara-gara
udah punya pacar.
|
Wajah tenang.
|
||
30
|
Ko : Bisakah Mbak jelaskan permasalah yang Mbak hadapi.
Apakah persahabatan Mbak berbeda karena Mbak yang terlalu baper atau karena
sahabat Mbak itu yang menjauh.
|
Senyum, ramah, menatap konseli, dan serius.
|
Menjernihkan
|
|
31
|
Ki : Justru itu Mbak yang membuat saya bingung.
|
Wajah tenang.
|
||
32
|
Ko : Hmm... Bisakah Mbak ceritakan lebih rinci lagi
tentang dia setelah memiliki pacar?
|
Senyum, ramah, dan menatap konseli, serta serius.
|
Fokus dan Bertanya Tertutup
|
|
33
|
Ki : Iya semenjak dia mempunyai pacar, saya merasa
perhatian dia yang dulu udah berubah, udah jarang ngumpul bareng, jarang
ngajakin pergi, lebih parahnya dia nggak ada di saat saya butuh, padahal
dulu, dia yang selalu ada saat saya butuh bahkan waktu saya gak butuh juga
ada dia Mbak.
|
Wajah cemas, tenang, dan menatap konselor.
|
||
34
|
Ko : Ya Mbak, saya dapat merasakan apa yang Mbak
rasakan bagaimana rasa sakitnya ketika sahabat yang selalu ada tiba-tiba
berubah seperti itu.
|
Senyum, ramah, dan tenang
|
Empati
|
|
35
|
Ki : Iya Mbak sakit banget, tapi saya tidak bisa terus-terusan berada
di posisi ini.
|
Wajah sedih, dan sedikit murung.
|
||
36
|
Ko : Bagaimana sikap Mbak, setelah mengetahui bahwa sahabat Mbak itu
telah memiliki pacar? Apakah sikap Mbak seperti biasanya atau Mbak malah
menarik diri dari sahabat Mbak?
|
Senyum, tenang, ramah, dan menatap konseli.
|
Eksplorasi
|
|
37
|
Ki : Setelah saya tahu sahabat saya sudah punya pacar,
saya jadi canggung menyapanya, saya takut ceweknya cemburu, jadi saya sering
menarik diri dari sahabat saya.
|
Wajah tenang, dan sedikit bingung
|
||
38
|
Ko : Hmm… Terus?
|
Serius, menatap, dan mendorong
|
Dorongan Minimal
|
|
39
|
Ki : Akibatnya saya sering tidak konsentrasi dalam belajar, malas
makan, malas mau ngapa-ngapain, saya sampai sesak kalau memikirkan hal ini.
|
Wajah kesal, tenang, dan menatap serius.
|
||
40
|
Ko : Kalau begitu sejauh ini, Mbak beranggapan bahwa
hancurnya prestasi belajar dan semangat hidup Mbak bukan karena Mbak sendiri
melainkan sahabat Mbak telah menjauhi Mbak?
|
Ramah, menatap konseli, dan santai, serta tenang.
|
Menangkap pesan utama dan refleksi ide.
|
|
41
|
Ki : Iya Mbak, saya merasa demikian dan saya sangat galau karenanya.
|
Wajah kesal, dan menatap serius.
|
||
42
|
Ko : Baiklah, jadi kalau begitu masalahnya adalah Mbak
tidak semangat menjalani kehidupan sehari-hari Mbak dan malas belajar karena
sahabat Mbak telah berubah?
|
Tenang, santai, dan menatap atau memberikan perhatian serius kepada
konseli.
|
Menangkap pesan utama, penekanan, dan mendefenisikan masalah
|
|
43
|
Ki : Ya betul Mbak.
|
Wajah tenang.
|
||
44
|
Ko : Baiklah sekarang masalah Mbak sudah jelas. Apakah Mbak tidak
merasa dirugikan dengan terus-menerus galau memikirkan sahabat Mbak itu?
Sedangkan belum tentu sahabat Mbak itu memikirkan Mbak.
|
Tenang, santai, dan menatap konseli.
|
Memimpin
|
|
45
|
Ki : Iya sih Mbak. Saya sadar kalau hal itu merugikan
diri saya sendiri, waktu saya terbuang percuma hanya untuk memikirkannya,
padahal dia juga
belum tentu memikirkan saya Mbak.
|
Wajah kesal, dan menatap konselor.
|
||
46
|
Ko : Ya, terus bagaimana Mbak?
|
Mendorong, dan senyum.
|
Dorongan Minimal
|
|
47
|
Ki : Ya akibantnya saya jadi tidak memiliki semangat hidup. Tapi saya
tidak peduli dengan semua itu.
|
Wajah kesal, dan menatap serius.
|
||
48
|
Ko : Saya memahami jalan pikiran Mbak. Nampaknya Mbak sedang memendam
emosi terhadap kondisi persahabatan Mbak sekarang.
|
Tenang, santai, menatap serius, dan tangan menekan pembicaraan.
|
Empati Primer, Refleksi Pengalaman, dan Eksplorasi Pengalaman
|
|
49
|
Ki : Lagian setelah punya pacar dia jadi tidak peduli sama saya.
|
Wajah kesal.
|
||
50
|
Ko : Kalau sahabat Mbak nggak berubah, tetap seperti yang dulu walau
sudah punya pacar, gimana perasaan Mbak?
|
Senyum, ramah, dan menatap konseli.
|
Fokus
|
|
51
|
Ki : Saya senang sekali, meskipun rasa cemburu itu pasti ada. Tapi
bagaimana caranya saya kurang yakin.
|
Wajah senang, dan tetapi sedikit meragukan.
|
||
52
|
Ko : Ya, saya senang sekali atas keterbukaannya. Mungkin Mbak sendiri
juga bisa memecahkan masalah tersebut.
|
Senyum, ramah, dan menatap konseli.
|
Sugesti, Empati Primer, dan Mengarahkan
|
|
53
|
Ki : Saya nggak tahu Mbak. Tapi kayaknya saya harus klarifikasi
dahulu sama sahabat saya itu, apa yang membuat dia menjauh dari saya, apakah
karena pacarnya yang melarang atau hanya perasaan saya.
|
Wajah tenang, dan muka serius.
|
||
54
|
Ko : Saya sangat menghargai perasaan Mbak, saya kira Mbak adalah
orang yang baik dan bijak. Saya kira itu merupakan solusi yang tepat untuk
masalah Mbak saat ini.
|
Menghargai, bersungguh-sungguh, muka serius, ramah, dan senyum.
|
Menghargai, Bertanya Terbuka, Refleksi Konten (Ide atau Pikiran), dan
Empati Primer
|
|
55
|
Ki : Iya Mbak…
|
Wajah gembira, dan muka senang.
|
||
56
|
Ko : Kalau begitu kesimpulannya Mbak akan menanyakan
terlebih dahulu kepada sahabat Mbak untuk menyelesaikan masalah ini. Apakah Mbak setuju?
|
Duduk santai, ramah, dan serius.
|
Menyimpulkan sementara, dan Bertanya Terbuka
|
Tahap Akhir
|
57
|
Ki : Iya Mbak. Saya setuju.
|
Wajah tenang, dan menganggukkan kepala
|
||
58
|
Ko : Baiklah, sampai saat ini, pendapat itu yang kita sepakati.
Bagaimana perasaan Mbak setelah berbincang-bincang?
|
Rasa empati, ramah, menghargai, dan penuh perhatian.
|
Empati Primer, Eksplorasi Perasaan, dan Bertanya Terbuka
|
|
59
|
Ki : Perasaan bingung saya sudah mulai menurun, saya merasa senang.
|
Wajah mulai tenang, dan gembira.
|
||
60
|
Ko : Kalau begitu, apakah sudah ada kesimpulan dari pertemuan ini?
|
Serius, menatap konseli, ramah, dan tenang
|
Mengarahkan, Upaya Menyimpulkan, dan Upaya Merencakan
|
|
61
|
Ki : Ada Mbak. Mungkin saya akan mengadakan pertemuan dengan sahabat
saya untuk memahami saya. Kemudian, mungkin Mbak akan memberikan saran untuk
persahabatan kami.
|
Sopan, gembira, menatap konselor, dan tenang serta menyimpulkan.
|
||
62
|
Ko : Ya mungkin pula akan ada pertemuan antara Mbak, sahabat Mbak,
dan saya. Atau mungkin juga dengan pacar sahabat Mbak.
|
Senyum, ramah, dan
|
Menjelaskan, Menyimpulkan, dan Merencanakan
|
|
63
|
Ki : Ide bagus tuh Mbak.
|
Senyum dan senang.
|
||
64
|
Ko : Baiklah Mbak. Kalau boleh saya kasih tahu. Mbak jangan
terus-terusan terjebak dalam situasi seperti ini. Ingat Mbak, ada yang
menunggu kesuksesan Mbak.
|
Ramah, santai, duduk menghadap konseli.
|
Memberi Nasehat
|
|
65
|
Ki : Iya sih Mbak.
|
Senyum dan tenang serta menatap konselor.
|
||
66
|
Ko : Saya kira konseling ini sudah hampir berakhir, namun sebelum
kita tutup alangkah baiknya kita merencanakan pertemuan selanjutnya. Jadi
kapan kita melaksanakan pertemuan lagi?
|
Tenang, dan senyum serta ramah.
|
Mengevaluasi
|
|
67
|
Ki : Gimana kalau minggu depan saja Mbak?
|
Tenang, dan menatap konselor.
|
||
68
|
Ko : Baiklah saya setuju. Sebelum kita tutup, bagaimana penilaian
Mbak tentang jalannya konseling, hasil yang Mbak peroleh, dan tentang diri
saya sebagai konselor?
|
Menatap konseli, ramah, santai, dan serius.
|
Bertanya Terbuka
|
|
69
|
Ki : Saya merasa puas dengan layanan konseling ini, Mbak juga bisa
membawa saya keluar dari rasa bingung saya. Terima kasih ya Mbak.
|
Muka senang, bahagia, dan tenang.
|
||
70
|
Ko : Iya sama-sama Mbak. Kalau begitu, apakah pertemuan ini bisa kita
akhiri?
|
Senyum, ramah dan menatap konseli.
|
Menutup Konseling
|
|
71
|
Ki : Iya Mbak, saya kira sudah bisa diakhiri.
|
Sopan, tenang, dan menatap konselor.
|
||
72
|
Ko : Baiklah, terima kasih atas kepercayaannya terhadap lembaga kami.
Semoga Mbak puas. Sampai ketemu kembali.
|
Ramah, tenang, dan senyum.
|
||
73
|
Ki : Iya Mbak. Sama-sama. Assalamu’alaikum.
|
Tenang, wajah bahagia, dan seperti masalahnya udah hilang.
|
||
74
|
Ko : Wa’alaikumussalam.
|
Ramah, dan senyum.
|
B.
Pendekatan
yang Digunakan
1.
Deskripsi
Masalah
Konseli merupakan seorang mahasiswi
yang saat ini sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada
di Daerah Istimewa Yogyakarta. Konseli sendiri mempunyai seorang sahabat yaitu
teman satu jurusan di tempat saat ini dia berkuliah. Persahabatan yang sudah
terjalin ini lama-kelamaan bukan menjadi rasa persahabatan lagi dari sisi
konseli ini. Konseli merasakan dirinya sangat nyaman berada di dekat sahabatnya
ini. Bahkan dia juga suka sama sahabat laki-lakinya ini. Karena sahabatnya ini
selalu ada buat dia, saat dia senang, saat dia sedih, saat berada di titik
jenuh, sahabatnya ini selalu ada di sampingnya. Tetapi dia gengsi dan harga
dirinya mau diletakkan dimana jika dia yang menyampaikan semua itu kepada
sahabatnya itu.
Ketika suatu hari, dia
mengetahui sahabatnya sudah mempunyai pacar. Dia merasakan perhatiannya yang
sebelumnya diberikan kepadanya berkurang, bahkan sudah jarang kumpul bersama,
dan lebih menyedihkan tidak ada disaat dia membutuhkannya. Semenjak itu,
perasaan konseli berubah dan semakin kecewa dengan sahabatnya ini. Dia mulai
merasa canggung untuk menyapa, membuat dirinya takut untuk bertemu dengan
sahabatnya ini karena takut pacarnya cemburu, dan mulai menarik diri dari
sahabatnya ini.
Akibatnya konseli malas
untuk melakukan ini itu, seperti tidak bersemangat untuk belajar, tidak
semangat mengerjakan tugas, dan bahkan tidak semangat dan lesu di setiap
apapun.
2.
Teknik
Konseling
Berdasarkan deskripsi masalah diatas, pendekatan yang cocok digunakan
adalah pendekatan realitas. Karena dalam teori konseling realitas yang
dicetuskan oleh Glasser menjelaskan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan
psikologis yang secara konstan hadir sepanjang rentang kehidupan dan harus
terpenuhi, dan individu mengalami permasalahan psikologis karena terhadap dalam
memenuhi kebutuhan psikologisnya[1]. Kebutuhan disini adalah
kebutuhan dicintai dan mencintai sesuai dengan teori hierarti Maslow. Sehingga
jika ini tidak terpenuhi maka akan terhambatlah pemenuhan kebutuhan lainnya.
Oleh karena itu, setiap individu harus bertanggung jawab terhadap kehidupannya
sehingga ia harus bisa dihadapkan kembali dengan kenyataan hidupnya sehingga
dapat memahami dan mampu menghadapi realita. Jika dicontohnya dengan kasus ini,
walau sahabatnya sudah punya pacar, konseli jangan menjauhkan diri dari
sahabatnya dan teruslah meningkatkan prestasi dan jangan sampai hilang semangat
untuk beraktivitas seperti biasanya.
C.
Tujuan Konseling
Dalam teori dijelaskan, layanan konseling dengan pendekatan realitas ini
bertujuan untuk membantu konseli mencapai identitas berhasil. Konseli
mengetahui identitasnya, akan mengetahui langkah-langkah apa yang akan ia
lakukan di masa yang akan datang dengan segala konsekuensinya. Bersama-sama
konselor, konseli dihadapkan kembali pada kenyataan hidup, sehingga dapat memahami
dan mampu menghadapi realitas[2].
Dalam kasus ini, layanan konseling ini untuk membantu konseli keluar dari
masalah yang dimilikinya yaitu hilangnya semangat dalam berbagai aktivitas
karena hal yang menimpanya yaitu friendzone dimana persahabatan yang telah
dibuat kemudian konseli merasakan kenyamanan dengan sahabatnya itu kemudian dia
suka dengan sahabatnya tetapi sahabatnya telah punya pacar. Hal ini yang
membuat dia kecewa. Sehingga layanan ini secara khusus bertujuan agar konseli
bisa beraktivitas kembali seperti biasa walaupun sahabatnya sudah punya pacar
dan jangan sampai malah menurun semangat dalam beraktivitas dan menerima semua
yang telah terjadi dan terus menjalani kedepannya.
D.
Peran dan Fungsi
Konselor
Dalam teori dijelaskan bahwa fungsi konselor adalah melibatkan diri dengan
konseli, bersikap direktif dan didaktrik, yaitu berperan seperti guru yang
mengarahkan dan dapat saja mengkonfrontasi, sehingga konseli mampu menghadapi
kenyataan. Disinilah peran konselor sebagai fasilitator yang membantu konseli
agar bisa menilai tingkah lakunya sendiri secara realistis[3].
Dalam kasus ini, seorang konselor berfungsi untuk mengarahkan konseli agar
bisa kembali kepada kehidupannya yang awal dimana sewaktu dia masih dalam
hubungan yang harmonis dengan sahabatnya dan jangan terbuai dalam masa semenjak
sahabatnya sudah punya pacar dan dia harus bisa menerima kenyataan bahwa setiap
orang itu pasti akan mempunyai kebutuhan psikologis yang harus dipenuhi. Dia
harus bisa menerima kenyataan akan hal itu, dan mencoba kembali mengklarifikasi
kepada sahabatnya itu apakah dia yang menjauh dan tidak mau berteman dengan dia
lagi. Dan kembali beraktivitas seperti biasanya dan jangan sampai semangatnya
menurun lagi.
E.
Alternatif Permasalahan/ Solusi
Dari kasus ini dapat ditarik alternatif permasalahan atau solusi yaitu
konseli harus mengklarifikasi dulu dengan sahabatnya itu, apakah yang membuat
dirinya menjauh dari konseli atau apakah karena pacarnya melarang, atau hanya
perasaan dari konseli itu sendiri. Itu dilakukan agar tidak berkepanjangan
permasalahan ini dan tidak menurun lagi semangatnya dalam belajar dan
beraktivitas lainnya.
F.
Evaluasi dan Tindak
Lanjut
1.
Evaluasi
Berdasarkan langkah-langkah atau tahap dalam konseling realitas yang
diungkapkan oleh Thompson, et. al. (2004: 115-120), maka dapat dilakukan
evaluasi sebagai berikut.
a.
Menunjukkan
keterlibatan dengan konseli
Pada
langkah ini, konseli sudah mau bekerja sama dengan konselor, hal ini
ditunjukkan dengan sikap konseli yang bersedia mengungkapkan permasalahnya dan
menunjukkan perhatiannya kepada konselor.
b.
Fokus pada
perilaku seseorang
Pada
langkah ini, konseli sudah mau menceritakan apa saja yang ia lakukan terhadap
permasalahan yang dia hadapi. Ketika konselor mengungkapkan tentang uraian konseling
yang akan dilakukan, konseli secara antusis menyimaknya.
c.
Mengeksplorasi
total behavior terapi
Pada
langkah ini, konseli sudah mau secara terbuka menceritakan tentang apa saja
yang dilakukan konseli terkait masalah yang dihadapinya, dan menceritakan
kenapa masalah itu bisa terjadi.
d.
Konseli
menilai diri sendiri ata melakukan evaluasi
Pada
langkah ini, konseli sudah mau memberikan penilainan tentang perilaku yang
berkaitan dengan masalah yang dihadapinya.
e.
Merencanakan
tindakan yang bertanggung jawab
Pada
langkah ini, konseli menyadari bahwa perilakunya tidak dapat menyelesaikan
masalah, dan tidak cukup dapat menolong keadaan dirinya.
f.
Membuat
komitmen
Pada
langkah ini, konseli sudah menemukan beberapa alternatif agar bisa
menyelesaikan masalahnya.
g.
Tidak
menerima permintaan
Pada
langkah ini, konseli terus berkomitmen untuk kembali memperbaiki hubungan
dengan sahabatnya dengan bertemu dan bertanya kepadanya.
h.
Tindak lanjut
Pada
langkah ini, konseli bersedia untuk melakukan konseling kembali di lain waktu
bersama sahabatnya itu atau bersama pacar sahabatnya itu.
Secara keseluruhan, konseli sudah terbuka mengungkapkan masalahnya kepada
konselor. Hal ini merupakan suatu hal yang baik, karena dengan sikap
keterbukaan akan membuat proses konseling mudah terlaksana. Konseli juga sudah
mau mengklarifikasi dengan sahabatnya tentang permasalahannya. Dengan adanya
konseling, konseling sudah bisa terlepas sedikit dari permasalahannya dengan
sahabatnya dan berusaha mengembalikan persahabatan yang sebelumnya dan menerima
kondisi saat ini.
2.
Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut dalam kegiatan konseling adalah proses tindakan yang dilakukan secara
bersama antara konselor dan konseli apabila konseli masih membutuhkan bantuan
dari konseli. Pada penanganan kasus ini, konseli sudah menemukan alternatif
dalam penyelesaian permasalahannya. Konselor bersama konseli memutuskan untuk
mengadakan konseling lanjutan agar menuntaskan masalah yang dihadapi konseli
dan dilakukan dengan sahabatnya itu atau pacar sahabatnya itu.
G.
Daftar
Referensi
Gantina
Komalasari, dkk.. 2011. Teori dan Teknik Konseling Cetakan ke- 2,
Jakarta: PT. Indeks.

Komentar
Posting Komentar